hit counter code
DAFTAR Bantuan Juni 2021

DAFTAR Bantuan 2021: BLT UMKM

1. BLT UMKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terus memberikan bantuan kepada usaha mikro, kecil dan menengah sebesar Rp 1,2 juta. Bahkan pendaftaran bantuan yang sering disebut sebagai BLT UMKM ini sudah memasuki tahap kedua yang akan berlangsung hingga september 2021.

Eddy mengatakan BLT UMKM akan disalurkan hingga Tahap Dua pada 2021. “Sejauh ini baru ada rencana dua tahap,” kata Eddy. Dia menjelaskan, tahap kedua masih menunggu konfirmasi anggaran dari Kementerian Keuangan.

Untuk mendapatkan BLT UMKM, masyarakat harus mendaftar ke kantor koperasi sesuai dengan tempat tinggalnya. Jika sudah diverifikasi dan dinyatakan lolos sebagai penerima BLT UMKM Rp1,2 juta, masyarakat bisa memverifikasi secara mandiri. Salah satunya melalui laman eform.bri.co.id/bpum untuk nasabah BRI. Sedangkan nasabah BNI bisa cek BLT UMKM senilai Rp 1,2 juta secara mandiri melalui banpresbpum.id.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH merupakan program bantuan sosial bersyarat bagi keluarga miskin (KM) yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima PKH. PKH didistribusikan secara triwulanan dalam empat tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021.

Untuk mendapatkan BLT UMKM, masyarakat harus mendaftar ke kantor koperasi sesuai dengan tempat tinggalnya. Jika sudah diverifikasi dan dinyatakan lolos sebagai penerima BLT UMKM Rp1,2 juta, masyarakat bisa memverifikasi secara mandiri. Salah satunya melalui laman eform.bri.co.id/bpum untuk nasabah BRI.

Sedangkan nasabah BNI bisa cek BLT UMKM senilai Rp 1,2 juta secara mandiri melalui banpresbpum.id. PKH merupakan program bantuan sosial bersyarat bagi keluarga miskin (KM) yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima PKH. PKH didistribusikan secara triwulanan dalam empat tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021

TRENDING -  Link Cek Penerima BPUM atau BLT UMKM 2021

Mengutip dari situs resmi Kemensos, berikut kriteria penerima PKH 2021:

  • Ibu hamil maksimal 2 kali
  • Anak-anak berusia 0 hingga 6 tahun dengan maksimal dua anak
  • Standar Komponen Pendidikan
  •  Sekolah Dasar (SD), Sekolah Dasar (MI) atau Sederajat
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Tasnawi (Mts) atau sederajat atau
  • Siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat
  • Anak-anak berusia antara 6 dan 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
  • Standar untuk komponen kepedulian sosial
  • Lansia 60 tahun ke atas, dengan maksimal satu orang dalam keluarga.
  • Penyandang disabilitas diprioritaskan kepada penyandang disabilitas berat, dengan jumlah maksimal satu orang dan berada dalam satu keluarga.

Besaran dana yang disalurkan melalui PKH disesuaikan dengan keadaan Rumah Tangga Penerima Manfaat (KPM).

Indeks dan Faktor Bobot Program Keluarga Harapan 2021 Program Bantuan Sosial (Rp)/tahun:

  • Kategori Hamil/Pasca melahirkan: Rp 3.000.000
  • Kelas PAUD 0 s/d D. 6 tahun : Rp 3.000.000
  • Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp 900.000
  • Kategori Pendidikan Menengah / Sederajat: Rp 1.500.000
  • Kategori pendidikan untuk anak SMA/sederajat: Rp 2.000.000
  • Kategori Penyandang Disabilitas Berat: Rp 2.400.000,000
  • Kategori Lansia: Rp 2.400.000

Bantuan diberikan untuk maksimal empat orang dalam satu keluarga, untuk mengecek apakah Anda sudah menerima bantuan PKH, Anda bisa membuka laman Cekbansos.kemensos.go.id.

3. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Penyaluran bantuan sembako senilai Rp 200.000 atau dikenal dengan bantuan pangan non tunai (BPNT) juga akan dilanjutkan hingga september 2021. Untuk penyaluran BPNT melalui mekanisme rekening elektronik hanya digunakan untuk pembelian bahan makanan dari pedagang sembako/email yang bekerja sama dengan bank.

TRENDING -  Aplikasi Token Listrik Gratis 2021

Setiap kepala rumah tangga (KK) akan menerima subsidi sebesar Rp 200.000 per bulan. Bantuan ini dilakukan dalam bentuk kebutuhan nutrisi, misalnya 15 kg beras atau 1 kg telur atau 1/2 kg kacang hijau atau buah jeruk. Sama seperti PKH, Anda juga bisa mengecek apakah Anda penerima BPNT melalui laman Cekbansos.kemensos.go.id.

4. Bantuan Sosial Tunai Rp. 300.000

Bantuan lain yang akan terus disalurkan pada 2021 adalah bantuan tunai atau disebut juga BLT sebesar Rp 300.000. Bantuan yang semula dijadwalkan berhenti pada April 2021, diperpanjang hingga september 2021. Dengan demikian, merupakan bulan terakhir pencairan bantuan yang diterima bulan ini. Saat ini, Kementerian Sosial (Kemensos) sedang mempersiapkan penyaluran bantuan dan akan segera diintegrasikan secara sosial dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk penggunaannya.

Kelengkapan data KPM sangat penting dan harus sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, dan tanggal lahir. Data ini akan diperlukan untuk membuka rekening bansos di Bank Himbara. Bagi mereka yang menerima Rs 300.000 BLT, masih ada harapan untuk menerima bantuan lain lagi. Untuk mengecek apakah Anda menerima bantuan senilai Rp 300.000, Anda bisa membuka laman Cekbansos.kemensos.go.id.

5. BLT Dada Desa

Bantuan lain yang masih disalurkan pada 2021 adalah BLT Dana Desa. BLT Dana Desa merupakan salah satu program bantuan sosial yang akan dilanjutkan pada tahun 2021 untuk melawan dampak pandemi dan memulihkan perekonomian.

BLT Dana Desa diberikan kepada keluarga miskin di desa dalam bentuk uang tunai hingga Rp 300.000 yang berasal dari Dana Desa. Penerima BLT Dana Desa adalah keluarga miskin atau kurang mampu yang tinggal di desa yang bersangkutan.

TRENDING -  5 Bantuan yang Cair Hingga September 2021

Selain itu, tidak termasuk dalam penerima PKH, kartu sembako, kartu prakerja, bansos tunai, dan program bansos pemerintah lainnya. Untuk mengecek apakah Anda penerima BLT Dana Desa atau bukan, Anda bisa mengecek melalui laman sid.kemendesa.go.id.

6. Diskon listrik PLN

Bantuan lain yang akan terus diterima masyarakat adalah listrik dari PLN. Diskon listrik masih menyasar pelanggan listrik dengan kapasitas 450 VA dan 900 VA serta usaha kecil menengah (UMKM).

Namun, insentif yang ditawarkan tidak lagi berupa diskon dan kode listrik gratis 100%. Alih-alih diskon setengah atau 50 persen dan kode listrik. Ada berbagai cara untuk mendapatkan diskon dan kode listrik. Pelanggan listrik dengan kapasitas 450 VA akan mendapatkan diskon dan kode listrik 50 persen. Untuk pelanggan reguler atau pascabayar diskon 50% saat membayar tagihan listrik.

Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon 50 persen otomatis diterima saat membeli token. Skema ini juga berlaku untuk pelanggan rumah tangga, usaha kecil, dan industri kecil dengan daya 450 VA. Sedangkan pelanggan listrik dengan kapasitas 900 VA akan mendapatkan diskon 25% dan token listrik.

Cara mendapatkan insentif gratis dari PLN kurang lebih sama untuk pelanggan listrik berkapasitas 450 VA. Untuk pengguna biasa (pacapay), akan didapatkan diskon 25% saat membayar tagihan listrik. Setelah itu, pengguna prabayar mendapatkan diskon 25 persen secara otomatis saat membeli token. Hal yang perlu diperhatikan adalah diskon berlaku hingga maksimal 720 jam.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Cara Daftar Bantuan Umkm 2021 ,Daftar Blt Umkm 2021 ,Daftar Blt Umkm Online 2021 ,Daftar Nama Penerima Bantuan Umkm 2021 Tahap 3 ,Daftar Online Umkm 2021,Link Pendaftaran Umkm 2021 ,Link Pendaftaran Umkm 2021 Tahap 3

Check Also

Aplikasi Token Listrik Gratis 2021

Aplikasi Token Listrik Gratis 2021

blogserba.com – Berikut panduan cara mendapatkan kode PLN gratis listrik 2021. Listrik gratis dapat anda …