hit counter code
Cara Ampuh Beriklan di Facebook untuk Pemula

Cara Ampuh Beriklan di Facebook untuk Pemula Menggunakan Facebook Ads

blogserba.comDewasa ini, online shop merupakan sektor bisnis yang cukup digemari beragam kalangan dan beragam usia. Mulai dari anak sekolah, karyawan, mahasiswa, Mengingat teknologi semakin hari semakin melesat pesat dan cepat. Model bisnis konvensional kini banyak beralih menggunakan medium online untuk memasarkan produknya ke seluruh penjuru dunia.

Online shop memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan kita harus menunggu pembeli di toko kita. Pasar yang kita jangkau melalui online shop mencakup bukan saja kepada pembeli yang membutuhkan produk kita di penjuru dunia sana, tetapi kadang kala orang yang tidak membutuhkan pada waktu tertentu akan berubah pikiran di waktu yang lain karena telah melihat produk kita berseliweran di internet.

Sejauh ini, Indonesia memiliki beberapa marketplace online yang mendukung banyak pengusaha memasarkan produk mereka. Produk mereka akan terpampang di layar ponsel dengan spesifikasi yang lengkap, katalog dengan desain yang bagus, harga yang tertera, pembayaran yang mudah, dan pengiriman yang cepat. Jika dengan menunggu toko, Anda hanya akan menjangkau pembeli yang tak jauh dari tempat toko Anda berdiri. Menggunakan medium online, Anda akan menjangkau seluruh tempat yang bahkan Anda sendiri belum pernah mendatanginya.

Namun, bagaimana dengan mereka para pengusaha pemula yang ingin memasarkan produknya di dunia internet? Sedangkan yang kita tahu, sekarang ini, dunia sedang dilanda krisis akibat pandemi covid-19 yang berdampak pada sektor bisnis. Sektor bisnis nyaris lumpuh akibat pembatasan aktivitas masyarakat. Maka, menggunakan medium online adalah bagian dari cara lain untuk mempertahankan bisnis untuk menjangkau pembeli meskipun mereka sedang di rumah saja.

Membuka online shop di marketplace tentu saja membutuhkan dukungan promosi di media sosial agar dapat menjangkau calon pembeli. Namun, beriklan di media sosial membutuhka pendekatan khsusus agar produk kita tidak hanya dilihat oleh para pengikut kita yang notabenya tidak setiap hari memiliki minat dengan produk kita. Anda membutuhkan sebuah fitur khusus di mana produk Anda dapat ditampilkan kepada orang yang benar-benar memiliki ketertarikan terhadap produk Anda.

TRENDING -  Cara Membuat Iklan di Facebook! Pebisnis Harus Tau

Media sosial seperti Facebook dan Instagram semenjak kedatangannya pertama kali cukup membantu pengusaha dalam memasarkan produknya. Selain jumlah pengguna, media sosial Facebook atau Instagram adalah marketplace paling ampuh untuk memasarkan produk Anda. Apalagi, media sosial tersebut kini tersedia fitur yang cukup canggih yang dapat menjadikan produk Anda tersebar luar bahkan ke pengguna yang bukan pengikut Anda namun memiliki minat terhadap produk Anda. Mencoba beriklan di media sosial di era sekarang ini adalah jelas pilihan yang tepat. Sebab, sektor bisnis sudah mulai beralih ke dunia digital.

Beriklan di media sosial seperti Facebook sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun, bagi pemula, Facebook tidak benar-benar digunakan untuk berbisnis. Facebook hanya digunakan untuk curhat masalah hidup, pamer, bertenggkar dengan pengguna lain, dan hal-hal yang tidak banyak memberikan keuntungan bagi Anda. Padahal keefektifan berbisnis di Facebook cukup bagus dengan fitur canggihnya bernama Facebook Ads. Nah, untuk Anda pebisnis pemula yang ingin berpindah medium ke online shop wajib mengetahui cara beriklan di Facebook agar bisnis Anda dapat terus survive meskipun dalam kondisi sulit. Anda bisa menggunakan akun bisnis atau akun personal untuk memulai beriklan.

Berikut cara mudah beriklan di Facebook bagi pemula:

  • Masuk ke akun Facebook Anda. Sebaiknya masuk melalui komputer Anda untuk memudahkan prosesnya.
  • Silakan buat halaman facebook bisnis Anda
  • Selanjutnya , arahkan kursos anda ke sebelah kanan atas di sebelah menu notifikasi, lalu klik menu dengan tanda panah lalu klik iklan selanjutnya pilih tab “buat iklan” atau Anda juga bisa masuk melalui link berikut: facebook.com/adsmanager.
  • Setelah itu, Anda akan dialihkan ke menu ads manager. Di laman tersebut Anda akan disajikan opsi diantaranya mulai iklan otomatis, dapatkan lebih banyak klik tombol, Ajak untuk lebih banyak pengunjung situs web, promosikan postingan, dapatkan lebih banyak prosepek, dapatkan lebih banyak pesan. Untuk Anda yang baru saja memulai beriklan di facebook, silakan pilih dapatkan lebih banyak klik tombol.
  • Lalu Anda akan dialihkan ke laman materi iklan. Di sana Anda diminta untuk mengatur materi iklan Anda dengan spesifik.
  • Menu Deskripsi. Di menu ini, Anda bisa mendeskripsikan produk Anda dengan baik. Misalnya: menjual kemeja branded.
  • Menu Opsi Pengeditan dan Judul. Di menu ini, Anda akan diminta untuk mengupload desain produk Anda dan memberi judul untuk iklan Anda.
  • Menu Kategori Ikhlan Khusus. Menu ini berfungsi untuk iklan yang menyangkut masalah ekonomi, politik, sosial, pemilu, atau kampanye. Jika yang Anda promosikan adalah produk seperti pakaian, jangan aktifkan menu ini.
  • Menu Pemirsa. Di menu ini, Anda akan diminta untuk mengatur pasar yang akan Anda tuju. Anda bisa mengatur pemirsa seperti gender, minat, umur, dan lokasi. Atur baik-baik menu ini agar iklan Anda semakin spesifik.
  • Menu Durasi. Gunakan menu ini untuk mengatur durasi tayang iklan Anda di Facebook. Anda bisa mengatur durasi iklan ini terus-menerus atau sesuai target waktu yang ditentukan.
  • Menu Anggaran Hari. Gunakan menu ini untuk mengatur anggaran yang dikeluarkan untuk beriklan di Facebook. Di menu ini juga Anda dapat melihat perkiraan jumlah orang yang akan dijangkau sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan.
  • Menu Penempatan. Di menu ini, Anda akan ditawarkan untuk menempatkan iklan Anda ke berbagai media sosial lain yang berafiliasi dengan Facebook seperti instagram dan mesengger.
  • Menu Metode Pembayaran. Sebagai orang yang baru memulai beriklan di Facebook, tentu saja Anda belum memiliki saldo. Isi saldo untuk di tab tambahkan uang. Anda bisa mengisi saldo menggunakan banyak cara metode pembayaran seperti kartu kredit atau debit, transfer melalui bank, atau melalui doku wallet.
  • Setelah semua materi iklan sudah diatur dan Anda sudah memiliki saldo, lihat contoh iklan untuk memastikan posisi iklan Anda. Lalu pilih promosikan sekarang untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli Anda.
TRENDING -  Aplikasi Canva Pro Full Gratis 30 Hari

Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk memantau iklan Anda di laman pengelola iklan atau masuk ke link facebook.com/adsmanager/campaign untuk melihat seberapa efektif iklan Anda menjangkau calon pembeli. Dengan menggunakan Facebook Ads, Anda tidak perlu menunggu pembeli produk Anda datang ke lapak kita. Anda juga tak perlu repot-repot menghias toko Anda, dan berhadapan dengan pelanggan Anda yang pemarah.

Namun untuk menarik calon pembeli, Anda perlu mempersiapkan halaman facebook bisnis anda dan desain produk yang menarik dan enak dipandang. Sebisa mungkin, Anda harus membiasakan diri dengan dunia digital agar bisnis yang Anda jalankan tetap survive meski dalam kondisi pandemi.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Cara Membuat Iklan Bersponsor Di Facebook Gratis ,Facebook Ads Gratis ,Facebook Ads Digunakan Untuk ,Contoh Facebook Ads ,Facebook Ads Manager ,Facebook Ads Adalah ,Manfaat Facebook Ads ,Biaya Facebook Ads ,Cara Membuat Iklan Di Halaman Facebook,Cara Iklan Di Facebook Berbayar ,Cara Daftar Facebook Ads ,Biaya Facebook Ads,Tahapan Cara Beriklan Di Facebook Ads Kecuali

Check Also

Begini Cara Screenshot Di Laptop HP Dengan Mudah

Begini Cara Screenshot Di Laptop HP Dengan Mudah

blogserba.com – Di zaman era modern seperti sekarang, bermacam-macam fitur sudah ada di setiap produk …