hit counter script
Cara Ampuh Menciptakan APLIKASI Input Data Dengan Menggunakan Android

Cara Ampuh Menciptakan APLIKASI Input Data Dengan Menggunakan Android

blogserba.comHalo gaess.. artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat aplikasi input data di android. Kalian harus mencobanya, baca dan pahami artikel ini yuk!

Zaman yang milenial ini banyak sekali perbincangan mengenai form input data yang merupakan salah satu aplikasi yang banyak diminati oleh kalangan pengguna smart phone di seluruh belahan dunia. Oleh Karena itu, kita harus belajar dan memahami cara yang ampuh untuk membuat aplikasi android input data agar kita tak ketinggalan zaman. Simak yuk!!

Data base adalah sekumpulan data yang dikelola secara sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berkaitan sehingga akan mudah mengelolannya yang berguna dalam pencarian informasi, menyimpan informasi dan menghapus informasi. Ada lima jenis dari data base:

  • Operatonal data base. Berfungsi untuk mengelola data yang dinamis dan seistematis secara langsung. Pengguna dapat dengan mudah merubah, menambahkan dan menghilangkan secara langsung melalui perangkat keras yang digunakan.
  • Database warehouse. Sistem yang digunakan untuk analisis dan pelaporan data.
  • Distributed data base. Merupakan data base yang penyimpanannya tidak terpasang pada perangkat computer yang sama.
  • Relational data base. Data base yang mengelola berdasarkan model hubungan data.
  • End-user data base.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk membuat aplikasi input data seperti bisa menggunakan Appsheet, Microsoft Access 2007, Android studio dan masih banyak lagi. Tetapi pada artikel kali ini kita hanya membahas salah satu cara yang di gunakan untuk membuat aplikasi input data yaitu menggunakan cara Android Studio.

Aplikasi input data ini bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas contohnya seperti input data keuangan, pendafataran anggota dan masih banyak lagi. Selain itu sangat berguna untuk memasukkan dan mengedit atau memperbaiki kolom input yang rusak atau ngehank.

  Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Menggambar

Di setiap hand phone android yang kalian punya pasti ada aplikasi iput datannya yang bisa di buat untuk masuk pada akun media sosial seperti twitter, line, IG, Facebook, akun google lainnya dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan Andoid Studio kalian harus sudah menginstal aplikasinnya di laptop atau PC kalian. Selanjutnya ada kode library yang digunakan untuk projectnya. Jangan kuwatir saya akan memberi tahu alternative kode librarynya supaya dapat digunakan pada project agar cepat, mudah dan efektif. Berikut kode library:

  • Butter Knife By Jake Wharton.
    Library ini berguna untuk menggantikan method find view by id () yang nantinya sangat membuat pusing bila project yang dilakukan sangat kompleks dan rumit dengan layaout yang sangat banyak. Dengan menggunakan cara @Bind View di awal dapat memudahkan pengguna dalam penulisnan functional code di java. Untuk linknya bisa di akses melalui website Link Git Hub Butte Knife : https://github.com/jakeWharton/butterknife
  • Untuk yang kedua ini menggunakan Material Edit Text By Kai Zhui (Reng Wuxian).
    Library material edit text by kai zhui sangat membantu kita untuk membuat form input ( view edit Text). jadi tidak perlu lagi mengatur coding satu persatu agar sesuai dengan konsep material design. Selain itu, kita dapat mengatur floating hint, icon, hig light label, max min character, helper error text dan validation dan untuk sebagian lainnya ada di edit text. Untuk linknya bisa di akses melalui website Link Git Hub Material Edit Text : https://github.com/rengwuxian/materialedittext.

Setelah kalian mengetahui kode library yang digunaka untuk project aplikasinnya sekarang kita akan membahas intinya yaitu cara membuat aplikasi input data melalui android:

  • Created New Project.
    Pertama-tama buatlah project terlebih dahulu. Sebagai contoh membuat nama project dengan nama “form data”. Selanjutnya biarkan yang lain terhapus atau default dan kemudian baru di klik next sampai selesai atau finish. Carannya klik start a new android studio project, berikan nama pada project dan menentukan letak penyimpanan untuk projek yang akan dibuat lalu tekan next, centanglah pada pilihan phone and tablet lalu tekan next, pilihlah empty activity lalu tekan next, isilah activity name dengan nama main activity lalu tekan tombol finish.
  • Import butter knife dan material library
    Untuk langkah yang ke dua ini sedikit rumit karena di dalamnya terdapat berbagai step-stepnya: carannya klik build.grade terlebih dahulu, lalu masukkan kode yang ada tadi ke dalam depen dencies dan kliklah menu sync now. Bersabarlah menungu hingga proses berhasil, Dan untuk yang terakhir di butuhkan internet yang sinyalnnya bagus dan stabil.
  • Edit Layout Pada Activity_main.xml
    Langkah selanjutnya yaitu mengatur tampilan atau fitur aplikasi dengan cara masuk ke activity_main.xml.. Sebelumnya kita membuat 5 kolom isian dengan 5 view material edit text, dan 1 view button serta membuat beberapa text view untuk menampilkan hasil data yang ada di bawahnnya.
    Langkah yang ke tiga ini menggunakan view group yang berbasis Linear Layout dengan sistem nested view group. Supaya apa yang kita inginkan dapat terlaksanakan dengan baik, benar dan bagus. Untuk mengaturnya cukup menggunkan attribute layout weight dengan value 1, sehinnga hasil yang di dapatkan akan terlihat sama rata. Cukup mudahkan.
    Selanjutnya gantilah kode default yang ada di activity_main.xml. apabila setelah ini mengeklik menu Run yang menggunakan emulator bawaan dari android studio atau dengan menggunakan USB debugging yang ada di real device maka tampilan aplikasinnya akan terlihat pada layar.
  • Memberikan function code yang terdapat pada main_activity.java
    Selesai membuat tampila aplikasi. Hal yang harus di lakukan beralih ke main activity java. Hal ini berguna untuk memberikan function code. Carannya yaitu pertama dengan mengimpor fungsi butter knife atau biarkan saja juga tidak apa-apa, apa alasannya? Karena ketika coding supaya bisa secara otomatis akan terimport.
    Cara yang di lakukan selanjutnya yaitu bind viewkan di ID dari aplikasi edit text pada layout. Eittss jangan lupa untuk menambahkan butter knife.binnd this. Selanjutnya on clikc kode agar bisa menyala dan muncul pada layar. Pada langkah ini ambil setiap data atau get text () dari setiap isi serta munculkan hasinnya pada set text ().
  Aplikasi Resep Masakan Terbaik dan Lezat

Apabila klik RUN, aplikasi berjalan kalian bisa menginput isian pada kolom yang tersedia pada layar, selanjutnya klik tombol simpan. Aplikasi input data siap digunakan. Cukup mudahkan carannya!!

Di dalam aplikasi ini kalian akan bisa hanya menampilkan data saja dari isian kolom yang telah ada. Selain itu kamu bisa mencampurkanya dengan data base yang lain seperti fire base, SQ lite atau yang lainnya. Kita dapat mengisi isian pada kolom-kolom yang tersedia juga. Dari pembahasan di atas semoga kalian memperoleh kemanfaatan apabila ada ketidak fahaman dan kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

📈 TRENDING PENCARIAN

Aplikasi Input Data Berbasis Web - Membuat Form Login Di Appsheet - Download Aplikasi Input Data Android - Cara Membuat Aplikasi Input Data Online - Cara Membuat Aplikasi Data - Membuat Aplikasi Pencarian Data Android - Membuat Multi User Appsheet - Cara Membuat Aplikasi Database Android - Cara Buat Aplikasi Input Data - Membuat Aplikasi Pencarian Data Android - Aplikasi Input Data Berbasis Web Gratis -

Check Also

Daftar Aplikasi Android Jualan Pulsa Terbaik

Daftar Aplikasi Android Jualan Pulsa Terbaik

blogserba.com – Tidak bisa dipungkiri, pulsa merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi bagi setiap orang …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA