Alpukat dan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan selama Kehamilan

Alpukat dan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan selama Kehamilan

blogserba.comMemasuki masa kehamilan tentu menjadi momen yang menyenangkan dan di tunggu-tunggu oleh banyak pasangan. Masa kehamilan sekaligus menjadi momen yang memerlukan kehati-hatian ekstra dalam menjaga kesehatan. Ibu hamil se yogyanya perlu memerhatikan komposisi nutrisi dari makanan yang ia konsumsi setiap harinya.

Buah-buahan adalah jenis makanan yang banyak mengantung vitamin baik untuk mem-boost kondisi tubuh saat masa kehamilan. Salah satu buah yang menjadi primadona untuk di konsumsi rutin bagi ibu hamil ialah buah alpukat.

Buah alpukat adalah jenis buah yang banyak di jumpai pada daerah tropis dan dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Buah Alpukat dikenal sebagai buah dengan tekstur daging buah yang lembut, rasa yang manis, dan mudah diolah dengan bahan makanan yang lain menjadi sajian yang enak. Berikut akan di ulas kandungan dan manfaat apa saja yang terkandung dari buah alpukat, serta rekomendasi cara membuah sajian lezat menggunakan buah ini.

Menurut data dari Food Data Central United States Department of Agriculture (USDA)*, pada setiap 100 gram alpukat terdapat energi total 160 Kcal, lemak 14,66 gram, protein 2 gram, fiber 6,7 gram, kalsium 12 mg, kandungan air 73 gram, dan mikro gizi lainnya yang sangat baik untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah manfaat ampuh dari alpukat khususnya untuk para ibu hamil.

Manfaat Ampuh Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Lemak Baik meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti tertera pada nutrition fact USDA, alpukat memiliki cukup banyak kandungan lemak. Pertanyaan yang muncul kemudian apakah kandungan ini tidak berbahaya bagi ibu hamil? Apakah tidak menyebabkan naiknya berat badan jika sering dikonsumsi? Jawabannya tidak. Kandungan lemak dalam alpukat masuk dalam katagori lemak tidak jenuh, alias lemak baik. Kandungan lemak ini tidak menambah kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol. Jenis lemak baik ini membantu meningkatkan kesehatan jantung bagi ibu hamil sekaligus mengatur kadar gula dalam darah.

  Cara Menggemukan Badan dengan Bahan Alami

Membantu Proses Perkembangan Janin

Alpukat mengandung banyak asam folat dalam setiap sajiannya. Asam folat merupakan jenis nutrrisi yang berasal dari sintesis folat atau vitamin B9. Asam folat bagi ibu hamil berguna untuk membantu perkembangan otak dan syaraf pada bayi. Kehadiran nutrisi ini akan mengurangi risiko cacat pada bayi yang lahir. Di pasaran banyak jenis asam folat dalam bentuk tablet yang dapat di beli namun alpukat menjadi solusi lain karena terbukti lebih alami dan aman untuk di konsumsi. Dengan mengonsumsi rutin alpukat, banyak kebaikan yang akan di dapatkan oleh ibu hamil dan janinnya.

Mengurangi Risiko Dehidrasi

Alpukat banyak mengandung kadar air dalam daging buahnya. Kadar air dalam buah ini membantu mengurangi risiko dehidrasi selain banyak mengonsumsi air putih. Buah dengan kandungan air melimpah juga lebih mudah di cerna sehingga tidak mengganggu pencernaan walaupun dikonsumsi secara rutin.

Kaya akan Serat

Selain di dapatkan dari gandum, kacang-kacangan, dan sayur hijau, alpukat juga mengandung banyak serat dalam daging buahnya. Kandungan serat per 100 gram alpukat mencapai 6,7 gram. Kandungan yang cukup banyak hanya dari satu jenis makanan.

Serat dalam alpukat berguna untuk menyehatkan usus, serat juga membuah Anda kenyang lebih lama. Serat dalam alpukat juga membantu mencegah risiko penyakit diabetes gestasional. Kebutuhan serat harian sekitar 30 gram per hari, sudah dapat dipenuhi 1/5 nya hanya dengan konsumsi 100 gram alupkat. Ibu hamil seringkali mengalami sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang dikonsumsi kurang mencukupi kebutuhan harian. Maka dari itu, alpukat menjadi solusi jitu untuk permasalahan tersebut. Ampuh sekali bukan manfaat buah yang satu ini untuk ibu hamil yang wajib konsumsi banyak serat.

Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Alpukat mengandung banyak vitamin yang bermandaat bagi tubuh. Beberapa jenis vitamin tersebut adalah vitamin B5, B6, C, K. Vitamin ini akan mempercepat proses penyerapan berbagai nutrisi lain dari alpukat maupun makanan lain yang dimakan bersamaan. Kecepatan penyerapan nutrisi sangat penting diperhatikan oleh para ibu hamil karena akan memengaruhi apakah nutrisi harian yang diperlukan sudah tercukupi atau belum.

  FAQ Seputar Benjolan di Leher

Rekomendasi Cara Mengolah Alpukat menjadi Sajian Lezat dijamin Disukai Ibu Hamil

Jus Alpukat

Cara pengolahan yang satu ini pasti sudah familiar bukan? Alpukat yang matang dengan warna agak ungu kehitaman dan empuk jika ditekan dapat langsung dicuci lalu di iris dan dikerok daging buahnya. Kemudian daging buah tersebut bisa langsung di blender dengan menambahkan air, susu kental manis atau gula, dan topping lain sesuai selera. Jus alpukat siap dinikmati. Tips, sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak gula saat membuat jus ini agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan aman untuk ibu hamil.

Alpukat smoothies

Alpukat smoothies bisa menjadi alternatif lain jika Anda lebih suka cara pengolahan yang praktis. Irisan alpukat di campur dengan buah lain atau yoghurt plain dalam mangkuk dan disajikan dalam keadaan dingin, sungguh enak dan mengenyangkan.

Alpukat sebagai dressing Salad

Anda suka konsumsi salad? Namun setelah hamil, dirasa salad kurang lezat untuk di santap? Coba padukan salad Anda dengan buah alpukat. Rasa alpukat yang sedikit manis dan segar akan menambah rasa pada salad Anda. Cara mengolahnya pun sederhana. Cuci bersih aneka sayuran dan bahan makanan yang biasa Anda gunakan untuk membuat salad, kemudian masukkan aneka sayur tersebut dalam mangkuk sebagai bahan utama salad. Setelah itu, tambahkan alpukat di atasnya. Bisa juga alpukat di haluskan terlebih dahulu baru di campurkan ke dalam salad Anda. Pilihlah jenis kontimen salad yang cocok untuk di makan bersama alpukat agar rasanya lebih enak.

Setelah penjelasan yang cukup singkat dari beberapa manfaat baik buah alpukat diatas, buah yang satu ini menjadi rekomendasi yang cocok untuk konsumsi rutin bagi ibu hamil. Buah ini mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang terjangkau sehingga mampu dijadikan prioritas konsumsi berapapun bujet Anda.

  Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online Terpercaya

Sebagai penutup, sering muncul kekhawatiran ada sumber lain yang menyatakan alpukat tidak aman dikonsumsi harian oleh ibu hamil, namun di sisi lain banyak sumber yang mengungkapkan kandungan alpukat yang kaya nutrisi. Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak ada yang baik, begitu juga alpukat ini. Sebaiknya alpukat dikonsumsi rutin dalam jumlah yang wajar beserta dengan makanan lain. Hal ini dilakukan agar gizi yang diterima tubuh dalam keadaan seimbang dan tidak mengandung risiko lain bagi kehamilan.

Sekian pembahasan mengenai manfaat ampuh alpukat untuk ibu hamil dan cara mengolah alpukat sederhana yang dapat Anda coba di rumah. Tetap perhatikan kebutuhan kalori harian Anda. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi, dan jangan lupa lakukan olahraga ringan untuk melancarkan peredaran darah Anda selama kehamilan. Semoga bermanfaat !

Originally posted 2021-06-30 02:32:26.

📈 TRENDING PENCARIAN

Bahaya Alpukat Untuk Ibu Hamil - Manfaat Alpukat Untuk Program Hamil - Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama - Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan - Manfaat Alpukat Untuk Janin - Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga - Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua - Cara Mengkonsumsi Alpukat Untuk Ibu Hamil - Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil Muda - Cara Mengkonsumsi Alpukat Untuk Ibu Hamil - Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan -

TRENDING

Tutorial Praktis dan Cepat Mengatasi WIFI Indihome Yang Lemot

Tutorial Praktis dan Cepat Mengatasi WIFI Indihome Yang Lemot

blogserba.com – Di zaman yang sudah modern ini, banyak orang yang mempergunakan jaringan untuk internetnya. …

error: THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA